Sunday, 19 February 2012

Contoh Proposal Teknis





Sekedar share aja nih buat teman teman.










DAFTAR ISI

1.      Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Lokasi Pekerjaan
1.3  Maksud dan Tujuan
1.4  Hasil yang diharapkan
1.5  Jangkauan pelaksanaan kegiatan
1.6  Batasan Kegiatan

2.      Pemahaman KAK
2.1  Pemahaman terhadap keluaran kegiatan
2.2  Pemahaman terhadap pemasukan kegiatan

3.      Apresiasi Inovasi
3.1  Appresiasi pemasangan jaringan internet
3.2  Apresiasi sumber daya
3.3  Hasil
3.4  Fasilitas pendukung
3.5  Jadwal pelaksanaan produksi
3.6  Staf pendukung
3.7  Spesifikasi

4.      Rencana Kerja
4.1  Pola kerja
4.2  Analisi permasalahan
4.3  Pemecahan masalah
4.4  Tenaga ahli









1.   Pendahuluan

1.1         Latar Belakang

Sekarang ini banyak orang yang membutuhkan fasilitas internet sebagai sarana pendukung kegiatan sehari-harinya. Seperti untuk keperluan sekolah ataupun kerja.
Hal demikian tentunya membutuhkan fasilitator-fasilitator ahli untuk mewujudkan kebutuhan tersebut. Tidak hanya sebagai kebutuhan tambahan, namun dikota-kota besar jaringan internet sudah menjadi kewajiban yang harus terpenuhi.
Tidak hanya masyarakat kota saja yang membutuhkan jaringan internet, namun masyarakat desa pun sudah mulai menggunakan fasilitas tersebut. Untuk itu kami mencoba untuk memfasilitasi masyarakat untuk mendirikan jaringan internet.

1.2         Lokasi Pekerjaan

Kegiatan pemasangan jaringan internet ini dilaksanakan sesuai dengan permintaan konsumen. Namun kami membuka stand-stand di berbagai tempat seperti toko komputer untuk pelayanan. dengan kemungkinan perluasan jangkauan sebagaimana diperlukan.

1.3         Maksud & Tujuan


Memfasilitasi masyarakat untuk dapat menggunakan layanan internet guna membantu melengkapi kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi, dan dalam rangka mempermudah pekerjaan masyarakat.

1.4         Hasil yang Diharapkan

Dengan diadakannya penyediaan layanan internet ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dan proses ini berjalan dengan lancar juga dapat diterima oleh masyarakat/konsumen.
Kebutuhan–kebutuhan tersebut harus dapat dipenuhi dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut:
§  Keamanan pada tingkat yang proporsional
§  Kemudahan penggunaan bagi pengguna
§  Kesiapan Skalabilitas, baik meningkat (Scale-up) maupun keluar (Scale-Out)
§  Keandalan (reliability), ketersediaan (availability), dan keterpercayaan (dependability) pada tingkat yang tinggi
§  Kecepatan pelayanan sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan
§  Biaya pelayanan maupun dukungan operasional dan perawatan
§  Desain, implementasi, dan pelayanan yang diimplementasikan harus terbuka dan berdasarkan standar umum / industri untuk kemudahan interoperabilitas dan pengembangan di kemudian hari

1.5         Jangkauan Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pelayanan penyediaan internet yang dilaksanakan dalam kegiatan ini akan menjangkau area – area pengembangan baik secara fisik maupun konseptual sebagaimana tercantum berikut ini.
§  Kegiatan pelayanan
§  Sistem pelayanan
§  Desain dan arsitektur detil sistem ini harus mempertimbangkan skalabilitas, reliabilitas, availabilitas dan keamanan sistem secara proporsional
§  Dokumentasi Sistem penyediaan pelayanan internet yang meliputi:
·                     Desain dan Arsitektur detail
·                     Petunjuk Teknis Operasional Sistem
·                     Petunjuk Teknis Perawatan Sistem
·                     Petunjuk Teknis Perbaikan  dan Penyelesaian Masalah
·                      Petunjuk Teknis Prosedur Keamanan Sistem

1.6         Batasan Kegiatan

Pelayanan penyediaan layanan internet dibutuhkan batasan waktu 2 minggu agar hasil yang didapatkan dapat memuaskan konsumen

2.   Pemahaman KAK

2.1         Pemahaman terhadap Keluaran Kegiatan

2.1.1        Pemahaman terhadap Hasil Pekerjan

§  Tercapainya pelayanan yang berkualitas
§  Tersedianya bahan yang diperlukan
Kebutuhan – kebutuhan tersebut harus dapat dipenuhi dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut:
§  Keamanan
§  Sumber daya
§  Modal
§  dsb

2.1.2        Output pelayanan penyediaan internet

Output pelayanan penyediaan internet adalah sebagai berikut :
1.      Tersedianya bahan yang memadai
2.      Tersedianya modal
3.      dll.


2.1.3        Output pelayanan penyediaan internet

1.      Tersedianya bahan yang memiliki fitur sebagai berikut :
1.      Tahan lama
2.      Mudah dicari
3.      Kualitasnya bagus
4.      Kuat
5.      dsb:

2.2         Pemahaman terhadap Masukan Kegiatan

2.2.1        Input pelayanan penyediaan internet

Kegiatan penyediaan pelayanan internet
  1. Survey tempat
  2. Survey bahan baku.

2.2.2        Input pelayanan penyediaan internet

Kegiatan pelayanan penyediaan internet :
  1. Survey kebutuhan
  2. Analisis
  3. Pengembangan /coding software / produk
  4. test / pengujian produk
  5. Pelatihan
  6. Dokumentasi

 

3.   Apresiasi Inovasi

3.1         Apresiasi pelayanan penyediaan internet

3.1.1        Pelayanan penyediaan

Kami mengharapkan apresiasi atau penghargaan dari setiap orang agar kita termotivasi dan terus melayani masyarakat/konsumen dalam penyediaan layanan internet.

3.2         Apresiasi Sumber Daya

Sumber daya yang dibutuhkan tidak terlalu susah untuk didapat, kami memanfaatkan ketersediaan toko toko yang menyediakan sumber daya yang kami butuhkan.

3.3         Hasil

Keluaran pelayanan ini sebagaimana disebutkan dalam KAK adalah:
1.      Tersedianya bahan yang dibutuhkan
2.      Adanya fasilitas yang mendukung
3.      Tersedianya laporan-laporan & dokumentasi pelayanan



3.4         Fasilitas Pendukung

Kami akan melaksanakan pekerjaan dengan menyediakan fasilitas kerja :
1.      Ruang kerja
2.      Fasilitas / peralatan / furniture
3.      Transfortasi ( mobil, bus, motor)

3.5         Jadwal Pelaksanaan Produksi


N0
DESKRIPSI PEKERJAAN
BULAN KE-
1
2
3
4
5
1.
Tahapan Persiapan




2.
Tahapan Survey




3.
Tahapan Pengembangan




4.
Tahapan Pengadaan Perangkat




5.
Tahapan Implementasi




6.
Tahapan Pengujian hasil pelayanan




7.
Tahapan Dokumentasi




8.
Tahapan Pelatihan / test
pada masa pendampingan
9.
Tahapan Operasionalisasi dan Perawatan
pada masa perawatan


3.6         Staf Pendukung

a.       Seorang Manajer
b.      seorang Sekretaris
c.       2 (dua) orang teknisi
d.      1 (satu) orang staf bagian keuangan
e.       2 (dua) orang staf bagian administrasi
f.       1 (satu) orang operator
g.       1 (satu) orang sopir
h.      1 (satu) orang penjaga
i.        1 (satu) orang pesuruh

 


3.7         Spesifikasi

3.7.1        Spesifikasi Hardware


No.
Nama/Jenis pelayanan
Spesifikasi
1

Paket internet 3 Mbps

Kecepatan up to 3 Mbps
Advance user with limited time (50 jam/bulan)
Internet for share up to 30 users
Home user basic (browse, chat, download


                                                                



4.   Rencana Kerja

4.1         Pola Kerja

Pengerjaan pelayanan penyedia internet ini dilaksanakan di tempat sesuai dengan permintaan konsumen.

4.2         Analisis Permasalahan

Permasalahan pada saat pengerjaan proyek akan banyak sekali baik itu pada faktor alam seperti cuaca yang tidak memungkinkan ataupun human error (faktor manusia).

4.3         Pemecahan Masalah

Permasalahan di atas akan kami pecahkan dengan cara merawat dam memelihara apa saja yang kami miliki misalnya mesin dirawat secara teratur.

4.4         Tenaga Ahli

4.4.1        Tugas dan Tanggung Jawab

1.      Manajer
Manajer mempunyai tugas:
  1. Menjamin kelancaran pelaksanaan pekerjaan yang disebabkan oleh segala sesuatu di luar kemampuan teknisi
  2. Membantu Team Leader dalam menjalin kerjasama antara teknisi dengan berbagai pihak di lingkungan dan instansi terkait lainnya
  3. Membantu Team Leader dalam manajemen keprodukan terutama yang berkaitan dengan aspek administrasi dan keuangan.
  4. Memantau dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan pekerjaan
2.      Ahli System Analyst
Sistem Analis bertugas :
  1. Mengkoordinasikan analisis
  2. Melakukan kontrol desain dan pemograman produk terhadap kebutuhan klien.
  3. Memberikan panduan dokumentasi pemrograman produk
3.      Ahli Database Designer
  1. Mengkoordinasikan desain
  2. Menentukan spesifikasi dan konfigurasi perangkat keras / produk
  3. Menyiapkan pelatihan

3 comments:

  1. Replies
    1. kia là thật hay là giả nhưng bây giờ ngươi thật sự là vị hôn thê của ta.
      đồng tâm
      game mu
      cho thuê phòng trọ
      cho thuê phòng trọ
      nhac san cuc manh
      tư vấn pháp luật qua điện thoại
      văn phòng luật
      số điện thoại tư vấn luật
      dịch vụ thành lập doanh nghiệp
      Nghe thấy lời nói của Nhạc Thành, Tư Mã Yên Nhiên liền nhìn hắn, trong hốc mắt có một ánh lệ quang, nàng lập tức không còn nghi ngờ Nhạc Thành nữa.

      - Con rắn chết tiệt kia, ngươi nói chủ nhân có nhiều nữ nhân như vậy, kết cuộc liệu sẽ thảm không?

      Khiếu Thiên Hổ nói với Tử Điện Mãng.

      Tử Điện Mãng nói:

      - Ta thấy sau này nếu như chủ nhân có nhiều nữ chủ nhân thì chúng ta nhất định sẽ thảm.

      Sau khi tách ra khỏi Tư Mã Yên Nhiên, Nhạc Thành cảm nhận được linh hồn lực của nàng có khiếm khuyết.

      Nhạc Thành hiện tại đã ở trong Đấu Khí học viện được bốn ngày, trong bốn ngày này mỗi ngày Nhạc Thành đều tu luyện, Tô Hân Nhi và Tư Mã Yên Nhiên

      Delete